Wednesday, 01-12-2021 | 01:31:38 am

Bunda PAUD Kabupaten Bungo Hadir Di Acara Manasik Haji Tingkat TK-PAUD

Bunda PAUD Kabupaten Bungo Hadir Di Acara Manasik Haji Tingkat TK-PAUD Bunda PAUD Kabupaten Bungo H.Verawaty.Spd.Mpd

NMCBerita.ID, Bungo - Pengenalan rukun Islam yang kelima yaitu melaksanakan Ibadah haji bagi yang mampu sejak dini terus dilakukan Oleh Pemerintah Kabupaten Bungo melalui  Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Bungo.Rabu (19/09).

Salah satunya dengan melaksanakan Manasik Haji cilik  bagi siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) Se-kabupaten Bungo, di Lapangan Kantor Bupati Bungo.

Hadir sekaligus menyaksikan aksi anak-anak PAUD yang mengikuti manasik haji cilik tersebut adalah Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME. Bunda PAUD Kabupaten Bungo Hj.Verawaty.Sps,Mpd, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bungo yang merupakan Istri Setda Kabupaten Bungo, Ketua HIMPAUDI Bungo dan seluruh jajaran pengurus dan Guru-guru PAUD dan TK yang tergabung dalam  HIMPAUDI Kabupaten Bungo.

Pelaksnaan Manasik Haji cilik ini mendapat apresiasi khusus dari Bunda PAUD Hj Verawaty. Menurutnya, kagiatan ini sangat positif karena akan mengenalkan tata cara pelaksanaan haji kepada anak-anak yang masih mengenyam pendidikan di tingkat PAUD dan TK. Selain itu, manasik haji cilik ini juga diyakininya akan semakin meningkatkan ketaqwaan anak-anak serta orang tua yang saat itu mendampingi anak-anaknya.

 “Selain untuk mengenalkan tata cara pelaksanaan haji kepada anak-anak, kegiatan tersebut tentunya juga akan memberikan pelatihan khusus kepada mereka yang mengikutinya, yaitu melatih kesabaran dan membudayakan kebiasaan antri, dimana hal tersebut merupakan salah satu cerminan dari lima nilai luhur yaitu jujur, sabar, antusias, cinta dan peduli.

Tidak hanya itu, Hj.Verawaty juga menjelaskan bahwa dalam manasik tidak hanya untuk melatih kesabaran saja, akan tetapi anak-anak juga akan dilatih untuk disiplin, mengikuti tata tertib, bertanggung jawab atas diri sendiri, mandiri, bertoleransi, dan masih banyak nilai-nilai positif lainnya yang bisa diambil peserta manasik haji cilik tersebut.

“Tidak hanya Anak-anak, orang tua dan gurunya sangat antusias untuk mengikuti seluruh rangkaian manasik haji cilik ini dengan harapan kelak akan benar-benar bisa melaksanakan ibadah haji di tanah suci mekah aminn, ya rabal alamiin, untuk manasik haji cilik ini akan terus kita lanjutkan pelaksnaanya setiap tahunnya,” ungkapnya.

Sementara itu mewakili seluruh Guru TK dan PAUD di Kabupaten Bungo Anis Guru TK Pertiwi II menyambut baik manasik haji cilik yang digelar HIMPAUDi ini. Dikatakannya "manasik ini sangat penting untuk pembentukan karakter dan akhlak khusunya anak-anak yang masih PAUD ataupun TK.

“Selain itu manasik ini semakin mencerminkan jati Kabupaten Bungo sebagai Kota yang Agamis, untuk itu manasik ini kami meminta kapada Pemerintah agar terus melanjutkan kegiatan yang sangat positif ini,” harapnya. (NMC03)