Wednesday, 20-10-2021 | 08:15:29 pm

Bupati Bungo H.Mashuri Serahkan LKPD Tahun 2020 Kepada BPK RI.

Bupati Bungo H.Mashuri Serahkan LKPD Tahun 2020 Kepada BPK RI. Gambar : Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME Serahkan LKPD Tahun 2020 Kepada BPK RI

NMCBerita.ID,Bungo - Bungo H Mashuri, SP, ME, Jumat 5 Maret 2021 menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) unaudited tahun anggaran 2020 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jambi. Acara penyerahan LKPD yang bertempat di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jambi tersebut diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jambi Rio Tirta S.E., M. Acc., CSFA.

Penyerahan Laporan Keuangan tersebut adalah untuk memenuhi ketentuan yang berlaku antara lain amanat dari Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan berbagai ketentuan perundang-undangan lainnya.

LKPD Unaudited terdiri atas Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa opini atas LKPD Kabupaten Bungo sebelumnya yaitu LKPD Tahun 2018 dan LKPD Tahun 2019 mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Bupati Bungo H. Mashuri berharap LKPD Tahun 2020 ini kembali memperoleh opini WTP. 

Bupati menyampaikan bahwa pengelolaan aset masih menjadi salah satu yang perlu perhatian khusus dalam pembenahannya. “Pemerintah Kabupaten Bungo terus berkomitmen untuk berbenah dalam memperbaiki pengelolaan asetnya. Sudah ada progres yang signifikan, sehingga diharapkan atas LKPD Tahun anggaran 2020 ini, Kabupaten Bungo bisa memperoleh kembali opini WTP dari BPK RI” jelas Bupati.

Pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jambi Rio Tirta S.E., M. Acc., CSFA menegaskan bahwa setelah diterimanya LKPD ini maka tim BPK akan segera melakukan audit atas LKPD tersebut. “Kepada pejabat di OPD yang ada di Kabupaten Bungo agar dapat memberikan data yang dibutuhkan untuk kelancaran pelaksanaan audit nantinya" pintanya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala BPKAD Drs.Supriyadi, ME, Sekretaris BPKAD M.Rachmat,S.Mn.,ME, Kepala Bidang Aklap Keuangan BPKAD Ponco Susilo, SE.,MM, Kabag Protokol dan Humas Setda Refli,S.Sos serta pejabat dan staf lainnya.